Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) tanggal 19-24 April 2015


Jumat, 10 April 2015 - 18:00 | aacc2015.id

AACC2015, Bandung, 9 April 2015 - Salah satu isu dan momentum kegiatan internasional pertama pemerintahan Jokowi-JK adalah peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA). Kegiatan ini dilaksanakan pada 19-24 April di Jakarta dan di Bandung. Tema yang diusung adalah perkuatan, strengthening, kerjasama selatan-selatan.  Dimana kontribusi atas kerjasama ini yaitu mempromosikan perdamaian dan kesejahteraan dunia.

Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) merupakan wadah koordinasi humas pemerintah dalam penyerapan aspirasi atau isu dan diseminasi informasi lintas sectoral. Badan ini berdiri sejak tahun 1971 dan secara ex officio berada di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tujuannya meningkatkan kelancaran arus informasi dan mengatasi kesejangan informasi antar instansi pemerintah dan masyarakat. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo selaku Ketua Umum Bakohumas Freddy H. Tulung dalam acara Forum Tematis Kehumasan Pemerintah di Bandung hari ini (9/4/2015).

Freddy Tulung mengatakan pemerintah dituntut membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan terpercaya. Dalam kontek kehumasan pemerintah, adanya pengelolaan dan pelayanan informasi publik yang semakin bermanfaat bagi masyarakat. Selaku garda terdepan informasi, praktisi humas dituntut mampu merespon perubahan itu dalam bentuk tindakan nyata serta berdampak positif terhadap lembaga maupun negara.

Dalam konteks peringatan KAA, forum tematis kehumasan pemerintah ini bertema : Dukungan dan Partisipasi Aktif Humas Pemerintah Untuk Menyukseskan Penyelenggaraan KTT Asia Afrika Tahun 2015 dalam rangka Peringatan ke-60 Konferensi Asia-Afrika dan Peringatan ke-10 New Asian-African Strategic Partnership”.Harapannyahumas pemerintah memastikan momentum dan kesepakatan hasil pertemuan dapat tersosialisasi dengan baik kepemangku kepentingan, berdasarkan sektornya. Ini bagian dari skenario besar pembentukan reputasi kepemerintahan. Upaya menjaga reputasi salah satunya dengan memenuhi hak tahu publik terhadap informasi tertentu serta mendorong partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kegiatan KAA.

Adapun rangkaian acara forum tematis Kehumasan Pemerintah yang dihadiri oleh praktisi humas yang tergabung dalam anggota Bakohumas dan Bakohumasda hari ini, diisi dengan kegiatan diskusi dan kunjungan ke Museum Asia Afrika. 

^ scroll to top