Kominfo Akan Beri Bantuan 50 MPLIK Untuk Provinsi Riau


Kamis, 09 Agustus 2012 - 10:00 | Ubun Bunyamin

Riau, (Kominfo) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan memberi bantuan 50 Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK) kepada Provinsi Riau. MPLIK  yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana IT berupa jaringan internet dan komputernya ini akan disebar ke seluruh Kabupaten di Provinsi Riau guna memasyarakatkan informasi kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Direktur Telekomunikasi Khusus, Penyiaran Publik dan Kewajiban Universal Kemkominfo RI, Woro Indah Widiastuti, pada acara sosialisasi dan publikasi program KPU/USO yang diadakan Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekonomikan dan Informatika (BP3TI), di Pekanbaru, Rabu (8/8).

Menurut Woro, telekomunikasi informasi memang sedang digalakkan sampai ke desa-desa, guna membantu masyarakat desa dalam meningkatkan kehidupannya. Sebab bagaimana pun informasi merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang, baik yang tinggal di kota-kota maupun di desa-desa.

Misalnya saja, petani butuh informasi harga komoditi pertanian di pasar. Informasi yang dibutuhkannya dapat dengan mudah diperoleh dari internet. "Begitu pula dengan nelayan yang membutuhkan harga ikan di pasaran, dan sebagainya. Itu dapat dengan mudah dan cepat didapatkan di internet." ungkapnya

Woro menyebutkan, saat ini Kemkominfo telah mendirikan lebih dari 5.000 PLIK di kawasan pedesaan di Indonesia. Kehadiran PLIK di pedesaan ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena semua orang dapat memanfaatkannya untuk mencari informasi-informasi penting yang dibutuhkan.

Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Pemerintahan, Feisal Qomar Karim saat membuka acara ini menyebutkan bahwa arus informasi telekomunikasi saat ini sudah sedemikan majunya, sehingga banyak orang kesulitan untuk menguasainya. "Kita kalau tidak mengikutinya, akan tertinggal jauh," kata Feisal.

Karena itu, dia berpendapat kegiatan sosialisasi dan publikasi program KPU/USO ini punya arti yang sangat penting bagi pengembangan teknologi informasi di Riau. Dia berharap melalui kegiatan ini, kemajuan bidang IT di Riau bisa lebih unggul lagi.  (yura)

^ scroll to top